Tips

Cara membersihkan Sofa dan menghilangkan Noda dari Furniture

09 Jan 2016

Sofa dan kursi rentan terhadap noda, debu ,dan kotoran baik pada permukaan maupun tertanam ke dalam serat bahan. Demi kebersihan dan kenyamanan anda, membersihkan jok secara teratur bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Untuk cover sofa dan kursi yang dapat dilepas, anda dapat mencucinya sendiri dengan mesin cuci, atau jasa laundry. Sedangkan untuk cover yang tidak dapat dilepas, berikut adalah cara yang cepat dan efektif untuk mengatasi noda dan kotoran:

1.Pilihan Produk Pembersih

Anda dapat menggunakan Produk pembersih khusus dari supermarket , atau ada produk lain yang dapat Anda temukan di sekitar rumah yang juga akan membantu untuk mendapatkan sofa dan kursi bersih .

  1. Deterjen untuk laundry yang ringan dan air hangat , dicampur dengan baik untuk membuat busa.
  2. Cuka putih: ini adalah pilihan yang baik untuk menghilangkan noda permukaan , tetapi Anda perlu menggunakan sabun setelah membersihkan area tersebut dengan intensif . Anda juga perlu untuk memberikan banyak udara ke sofa sebanyak mungkin setelahnya dengan cara membuka jendela atau dengan menggunakan kipas angin untuk membantu mengurangi bau cuka.
  3. Tisu bayi ideal untuk membersihkan jok karena sangat lembut, sehingga tidak akan merusak bahan, dan relatif kering, sehingga tidak akan merubah warna furniture Anda.

2.Cara Membersihkan Jok dalam 4 Langkah

  1. Vakum sofa atau kursi untuk menghilangkan sebanyak mungkin kotoran dan debu di permukaan. Pastikan untuk menggunakan alat yang tepat untuk menghindari kerusakan bahan, sebuah sikat halus sangatlah ideal.
  2. Titik noda. Menggunakan tisu bayi atau cuka dituangkan ke kain microfiber, bersihkan dengan lembut dan perlahan. Ingatlah untuk menguji produk pembersih pelapis di daerah yang tidak terlihat mata.
  3. Membersihkan secara menyeluruh. Gunakan air sabun dan kain microfibre/sikat halus, bersihkan sofa dengan perlahan sehingga kotoran yang tertanam bisa terangkat. Anda hanya perlu menggunakan jumlah air yang sangat sedikit.
  4. Proses Pengeringan. Beberapa orang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan sofa dengan cepat, tapi membiarkan kering secara alami adalah pilihan yang lebih baik. Untuk mempercepat pengeringan, jendela yang terbuka akan membiarkan angin masuk untuk membantu proses pengeringan.

Membersihkan Sofa Kulit

Jika Anda punya sofa kulit atau furnitur lain berbahan dasar kulit, Anda harus menggunakan metode yang berbeda untuk mengatasi dan membersihkan nya :

  1. Jauhi dari air seminimal mungkin, karena hal ini bisa meninggalkan noda di bahan kulit.
  2. Jika memungkinkan , coba gunakan pembersih uap.
  3. Terapkan produk pembersih yang dibuat dengan minyak dan lilin, bahan ini akan membersihkan dan juga melembabkan furniture, mencegah dari kekeringan dan retak dan melindunginya dari kotoran dan noda.

Tips Pembersihan dan Pemeliharaan Furniture Sehari-hari

  1. Bersihkan noda permukaan sesegera mungkin. Noda yang baru selalu lebih mudah untuk mengangkatnya, menjaga sofa bersih akan selalu lebih efektif dan tidak membuang waktu banyak dari pada harus melakukan perawatan dan pembersihan yang lebih intensif.
  2. Vakum sofa dan kursi setidaknya sekali seminggu untuk meminimalkan  debu dan kotoran dan mencegah dari kotoran menjadi tanah setelah pemakaian yang rutin.
  3. Jika ada bagian dari sofa atau kursi yang dapat dilepas, pastikan untuk mencuci secara teratur.

Membersihkan furniture bukanlah hal yang sulit bukan?Ikuti panduan di atas, dan dengan sedikit usaha Anda akan melihat sofa dan kursi Anda segar dan cerah kembali.

Sumber: https://www.cleanipedia.com